Bangun Kesadaran Pengurangan Emisi Karbon, Kementerian PUPR Bedah Buku Menuju Bangunan Zero Energy di Indonesia

Bangun Kesadaran Pengurangan Emisi Karbon, Kementerian PUPR Bedah Buku Menuju Bangunan Zero Energy di Indonesia


Thursday, 23 Nov 2023, Dilihat 84 kali


Bandung, Kamis, 16 November 2023. Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya Direktorat Bina Teknik Permukiman dan Perumahan menggelar bedah buku Menuju Bangunan Zero Energy di Indonesia yang bertujuan memberikan informasi konsep zero energy building, guna mendukung realisasi program Low Carbon Development Indonesia.

Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti menyampaikan tantangan penghematan energi dari sektor bangunan gedung sudah lama menjadi isu bersama. Kementerian PUPR telah mengenalkan prinsip – prinsip bangunan gedung hijau untuk diimplementasikan pada seluruh tahapan pembangunan bangunan gedung. Penerapan tersebut telah diperkuat dengan terbitnya Peraturan Menteri PUPR No 21 Tahun 2021 tentang Penilaian Kinerja Bangunan Gedung Hijau.

Direktur Bina Teknik Permukiman dan Perumahan Ditjen Cipta Karya Dian Irawati juga mengatakan perlu ada upaya mitigasi perubahan iklim dengan segera mewujudkan bangunan hijau yang hemat dalam penggunaan energi, air, dan sumber daya lainnya pada bangunan gedung.

Kementerian PUPR selalu berkomitmen untuk mewujudkan penyelenggaraan infrastruktur permukiman dan perumahan yang berkelanjutan, termasuk bangunan gedung, sebagaimana tertuang dalam salah satu Visium Kementerian PUPR 2030 yaitu tercapainya 100% Hunian Cerdas (Smart Living).

Buku “Menuju Bangunan Zero Energy di Indonesia” membahas tentang konsep performansi bangunan dari sisi konsumsi energi untuk mencapai Zero Energy Building (ZEB). Berbagai bentuk strategi penerapan sistem energi terbarukan untuk bangunan di Indonesia juga dikaji dalam buku ini dengan berbagai keterbatasannya baik dari sisi teknologi, ketersediaan sumber daya, jaringan energi, maupun faktor pembiayaannya.

Bedah buku yang difasilitasi oleh Perpustakaan Ditjen Cipta Karya, diharapkan dapat menjadi media transfer keilmuan dari penulis kepada para peserta yang terdiri dari para pemangku kebijakan, akademisi, pakar, praktisi di bidang bangunan gedung, pejabat fungsional, dan pustakawan.

Kegiatan dilaksanakan secara hybrid di Grha Wiksa Praniti Bandung, Zoom Meeting, dan live streaming Youtube dan dihadiri oleh 589 orang peserta daring dan luring.

Untuk Perpustakaan Ditjen Cipta Karya, kegiatan ini merupakan sarana dan ajang promosi perpustakaan agar lebih dikenal oleh pegawai Kementerian PUPR maupun masyarakat luas, sehingga makin banyak orang yang merasakan manfaat Perpustakaan Ditjen Cipta Karya.

Narasumber pada acara Bedah Buku yaitu :

  1. Sentagi Sesotya Utami, S.T., M.Sc., Ph.D., Dosen Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika, Universitas Gadjah Mada;
  2. Ir. Faridah, S.T., M.Sc., IPU, Dosen Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika, Universitas Gadjah Mada;
  3. Moderator Heidi Aisha, S.Ars., M.Ars., Pelaksana Sekretariat Bangunan Gedung Hijau, Kementerian PUPR.

Buku Menuju Bangunan Zero Energy di Indonesia bisa dibaca di Perpustakaan Ditjen Cipta Karya, Jl. Panyawungan, Cileunyi Wetan, Kabupaten Bandung.

 

Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:
Meydina (0856-5977-3693) / email: perpus.ciptakarya@pu.go.id
Perpustakaan Ditjen Cipta Karya
Direktorat Bina Teknik Permukiman dan Perumahan, Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR

[Meydina Fauzia Ananda/Pustakawan Ahli Pertama]