Telah Terbit Dua Edisi Jurnal Permukiman Tahun 2023

Telah Terbit Dua Edisi Jurnal Permukiman Tahun 2023


Wednesday, 06 Dec 2023, Dilihat 60 kali


Jurnal Permukiman dengan bangga mengumumkan rilis terbaru dari publikasi ilmiahnya, Jurnal Permukiman Vol. 18 No 1 dan No 2 tahun 2023, menampilkan rangkaian artikel yang informatif dan inovatif serta solusi-solusi progresif tentang pemukiman.

Volume 18 No 1 (2023):

Dalam terbitan Vol 18 No. 1 2023, ada 5 (lima) pokok bahasan yang berkaitan dengan penggunaan BIM (Building Information Modeling) dalam merancang pemeliharaan bangunan gedung, perencanaan pengadaan rumah layak huni, implementasi kebijakan subsidi perumahan bagi masyarakat berpenghasilan rendah, peningkatan kualitas lingkungan binaan di kawasan bersejarah, dan penerapan green construction pada proyek konstruksi.

  1. Model Perancangan Pemeliharaan Bangunan Gedung Menggunakan Building Information Modeling (BIM). Artikel ini membahas Model perancangan pemeliharaan bangunan gedung dibutuhkan dalam rangka menjaga keandalan dan kinerja bangunan agar sesuai dengan umur ekonominya. Proses aktivitas BIM bekerja secara kolaboratif dan integratif serta menjadi model perancangan pemeliharaan yang sangat detail, akurat, efektif, dan efisien. Disusun oleh Jojok Widodo Soetjipto, Ilham Kahfi Zarkasi, dan Anita Trisiana.
  2. Perencanaan Pengadaan Rumah Layak Huni Dalam Time Series Untuk Keseimbangan Supply-Demand. Artikel ini membahas tentang Backlog dapat diatasi melalui perencanaan pengadaan rumah layak huni secara berkelanjutan agar terjadi keseimbangan antara pengadaan dan kebutuhan masyarakat. Backlog juga menjadi indikator untuk mengukur jumlah kebutuhan rumah di Indonesia dari sisi kepenghunian, kepemilikan, dan kelayakan. Disusun oleh Albani Musyafa’.
  3. Pendekatan Pemecahan Masalah Implementasi Kebijakan Subsidi Perumahan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah. Artikel ini membahas tentang Pemecahan masalah implementasi kebijakan subsidi perumahan yang dihadapi pemerintah adalah berupa rekomendasi kebijakan, diantaranya dengan melakukan pengawasan melekat yang melibatkan pihak pengembang atau pengurus masyarakat setempat dan penerapan sanksi tegas melalui pencabutan manfaat subsidi yang tidak tepat sasaran. Disusun oleh Adventus Managam Simbolon, Budiman Rusli, dan Candradewini.
  4. The Possibility to Enhance the Quality of Built Environment by Densifying, Mixing and Compacting the Historical Area of Kota Tua Jakarta. Ari Widyati Purwantiasning dan Syaeful Bahri memaparkan penerapan prinsip TOD (Transit Oriented Development’s): pemadatan, pencampuran,perapatan dalam meningkatkan kualitas lingkungan binaan kawasan bersejarah di Jakarta. Bahasan tersebut mengambil studi kasus di Kota Tua sebagai salah satu kawasan bersejarah yang signifikan di Jakarta.
  5. Identifikasi Penerapan Green Construction Pada Proyek Konstruksi. Membahas mengenai kesan pasar tradisional dan sekaligus menerapkan green construction merupakan upaya mewujudkan sustainable construction yang diharapkan dapat meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan dan memberikan kenyamanan pada pengguna bangunan. Artikel ini disusun oleh Tjokorda Istri Praganingrum, Ni Luh Made Ayu Mirayani Pradnyadari, Ida Bagus Suryatmaja, I Gusti Agung Gde Suryadarmawan, Ni Nyoman Intan Sawitri Saraswati, Putu Ananda Raga Utama.

Volume 18 No 2 (2023):

Jurnal Permukiman Vol 18 No.2 2023 merupakan edisi 2 (dua) pada tahun ini. Bahasan yang kami sajikan pada terbitan kali ini berkaitan dengan upaya melestarikan identitas budaya masyarakat melalui penerapan desain rumah khusus yang berkearifan lokal, mekanisme adaptasi masyarakat korban tsunami untuk bermukim kembali, struktur bangunan setback terhadap beban gempa, penggunaan sistem pelapis selubung bangunan gedung terhadap ketahanan api, dan pengolahan sampah organik dengan menggunakan lalat tentara hitam atau black soldier fly

  1. Desain Rumah Khusus Yang Berkearifan Lokal Sebagai Upaya Melestarikan Identitas Budaya Masyarakat dibahas oleh Elias Wijaya Panggabean. Disampaikan bahwa implementasi di lapangan terhadap desain rumah khusus masih sangat kurang mengeksplorasi nilai-nilai sosial budaya lokal dan akan berdampak memudar, serta dikhawatirkan hilangnya identitas budaya lokal tersebut. Untuk itu dirumuskan beberapa strategi kebijakan yang dapat mendorong penyediaan rumah khusus yang menerapkan kearifan lokal di seluruh wilayah Indonesia.
  2. Mekanisme Adaptasi Masyarakat Korban Tsunami di Kecamatan Meuraxa Kota Banda Aceh Menyajikan Strategi adaptasi dilakukan oleh masyarakat untuk bermukim kembali di daerah rawan tsunami, ini merupakan upaya resilien, yaitu suatu mekanisme adaption by adjustment dengan melakukan beberapa penyesuaian terhadap fisik hunian dan lingkungannya. Hal ini menjadi pengetahuan baru dalam pendidikan arsitektur dan menjadi masukan bagi pemerintah dalam mengaplikasikan upaya mitigasi bagi masyarakat di daerah rawan bencana. Artikel ini disusun oleh Marlisa Rahmi dan Indra B. Syamwil (Almarhum).
  3. Efek Rasio Ketinggian Dan Luasan Lantai Setback Dua Arah Terhadap Respons Dinamika Struktur. Membahas mengenai beberapa faktor yang mempengaruhi respon struktur dengan desain setback terhadap beban gempa yang meliputi rasio luasan setback, rasio tinggi setback, arah setback (satu arah atau dua arah), dan letak setback (simetris atau asimetris). Temuannya menunjukkan bahwa variasi rasio luasan dan ketinggian setback yang semakin meningkat akan mengakibatkan penurunan perpindahan antar tingkat, gaya geser dasar, gaya geser antar tingkat, dan kekakuan struktur antar tingkat. Artikel ini disusun oleh Remigildius Cornelis, Raynaldo Lewlelek, dan Andi Kumalawati.
  4. Performansi Keselamatan Kebakaran Penggunaan Aluminum Composite Panel (ACP) Pada Bangunan Gedung. Membahas mengenai Kajian dan pengujian sistem pelapis selubung bangunan gedung berbahan aluminum composite panel sesuai dengan standar yang digunakan dalam menguji sifat ketahanan dan penyebaran api dilakukan dengan pengukuran temperatur dan panas, tingkat pelepasan kalor, tingkat produksi asap dan perubahan gas. Artikel ini disusun oleh Ajun Hariono, Azhar Pangarso Laksono, Rahmandia Prasetia, dan Muhammad Firhand Agustio.
  5. Faktor Yang Mempengaruhi Masyarakat Di Wilayah Berkembang Dalam Berpartisipasi Dalam pengolahan Sampah Berbasis Black Soldier Fly (Studi Kasus: Kemacetan Pantai Labu, Sumatra Utara). Membahas mengenai Masalah pengelolaan sampah memerlukan solusi berkelanjutan karena mempengaruhi kesehatan dan ekosistem. Gabungan strategi Sistem Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat (SPSBM) dapat mendorong pengelolaan sampah lebih efisien dan berkelanjutan. Beserta penerapan teknologi black soldier fly menawarkan solusi pengelolaan sampah organik yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, mengurangi ketergantungan pada TPA dan membantu mengurangi emisi gas rumah kaca. Artikel ini disusun oleh Ahmad Yusri Karim, Ari Rahman, dan I Wayan Koko Suryawan.

Jurnal Permukiman terus berkomitmen dalam mempublikasikan riset-riset berkualitas tinggi yang memiliki dampak nyata dalam memajukan pemukiman yang berkelanjutan serta berdaya saing tinggi. Tersedia untuk diakses secara daring melalui website Jurnal Permukiman.

 

Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:
Meydina (0856-5977-3693) / email: jurnalpermukiman@pu.go.id

https://jurnalpermukiman.pu.go.id/

Tim Redaksi Jurnal Permukiman
Direktorat Bina Teknik Permukiman dan Perumahan, Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR

[Nur Kholilah Harahap]